Sabtu, 10 November 2012

B2B,B2C,C2B,C2C DAN EDI

assalamualaikum  gan..
hari ini saya akan share soal ujian tengah semester untuk mata kuiah PERDAGANGAN ELEKTRONIK.
sesuai apa yang di katakan pak topik kemarin di facebook terhadap saya. bahwa akan di berikan tugas banyak karena masih sedikitnya kesempatan untuk pertemuan perkuliaahan, nah setelah beberapa hari pas waktu di mulainya ujian guwe datang ke kampus terburu-buru eh ternyata sudah ada yang mengabsenkan semua khusus untuk angkatanku......istilahnya absen masal dan yang bikin guwe  bener bener kaget adalah ketika melihat banyaknya soalnya yang diberikan..., za bener seh cuman ada 5 jumlahnya tapi jawaabane dah kelihatan dari sekali lihat,pakai di tulis lagi...........HHhhaaadduuhhh........z semoga menjadi berkah. ammiinnn........, berikut adalah soal yang di berikan......
1. apa yang anda ketahui tentang EDI (Elektronik data interchange), bagaimana modelnya dan contohkan ?
 jawab :
Elektronik data interchange (EDI) adalah transmisi data terstruktur antara organisasi dengan cara elektronik. Hal ini digunakan untuk mentransfer dokumen elektronik atau data bisnis dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain, yaitu dari satu mitra dagang yang lain tanpa campur tangan manusia. Hal ini lebih dari sekedar e-mail, misalnya, organisasi mungkin menggantikan bills of lading dan bahkan cek dengan pesan EDI yang sesuai.
contohnya :
Misalnya, permen dikemas dalam kotak besar yang berisi 5 kotak layar dan setiap kotak tampilan kotak berisi 24 permen dikemas untuk konsumen. Jika dokumen EDI mengatakan untuk kapal 10 kotak permen mungkin tidak jelas apakah untuk mengirimkan kotak 10 konsumen kemasan, 240 kotak kemasan konsumen atau 1200 kotak kemasan konsumen. Tidaklah cukup untuk dua pihak untuk setuju untuk menggunakan kualifikasi tertentu yang menunjukkan kasus, pak, kotak atau masing-masing, mereka juga harus sepakat tentang apa artinya kualifikasi tertentu.


2.apa yang di maksud dengan B2B (Business to Business),bagaimana modelnya dan contohkan ?
jawab :
Dalam bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan dituntut untuk lebih inovatif dan memiliki keungulan yang bisa ditawarkan kepada para pelanggan dan mitra bisnis. Salah satunya adalah konsep kerja sama business to business (B2B). Bentuk kerja sama ini dapat membantu upaya efisiensi biaya pengadaan barang dan yang paling penting adalah bisa memudahkan mitra bisnis.Bagi Kawan Lama, kepentingan pelanggan selalu menjadi nomor satu. Prinsip ini menjadi nyata dalam penyediaan layanan business to business (B2B). Layanan ini didukung penuh oleh teknologi informasi yang sangat memadai sehingga siap memberikan kemudahan dan kepuasan kepada pelanggan.

3. apa yang dimaksud dengan B2C (Business to consumer),bagaimana modelnya dan contohkan ?
jawab :
Pengertian Business to consumer adalah konsep bisnis dimana penjual berhubungan langsung dengan para pembelinya dan antara penjual dan pembeli belum tentu kenal dengan penjual. Sifat dari bisnis tersebut adalah terbuka dan bebas dimanfaatkan oleh khalayak umum. Cara mengaksesnya melalui sebuah situs yang disediakan oleh sang penjual.
contohnya :
Sebagai contoh yaitu usaha yang dilakukan oleh Pak Subur . Pada awalnya semua proses yang berhubungan dengan Subur Ceramic yang dikembangkan oleh Pak Subur dilakukan secara manual ( proses pembuatan, pembukuan, pemasaran hingga pemesanan). Hal ini lama kelamaan dirasakan tidak mampu mengembangkan usaha yang telah dijalankannya. Pak Subur mencari cara bagaimana mengembangkan usaha keramiknya. Akhirnya didapatkan ide yaitu semua proses industri dilakukan dengan terkomputerisasi. Cara ini memberikan sisi positif karena semua proses seperti pembukuan dan pengecekan stock menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Tingkat pemesanan yang diterima Pak Subur langsung meningkat karena yang tadinya konsumen hanya berada di wilayah Indonesia, mulai meningkat hingga keluar Indonesia. Hal ini dikarenakan Pak Subur mempromosikan produknya melalui internet sehingga mempermudah calon konsumen di seluruh dunia untuk memilih dan memesan produk yang mereka inginkan.

4. apa yang dimaksud dengan C2B (consumer to business),bagaimana modelnya dan contohkan ?
jawab :  jawabanya banyak bgt neehhh,jadi boooseenn nuliss....  O.K kalau gitu saya singkat aja jawabanya,paling gak di baca ma dosene..hehehehe :)
Consumer-To-Business(C2B)
Merupakan perseorangan yang menjual produk atau jasa kepada suatu perusahaan/organisasi.
Perseorangan yang mencari penjual, saling berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi.
 Kategori yang ini adalah semua aktivitas internal organisasi, yang dilakukan dengan sistem web base. Yang melibatkan pertukaran informasi, barang dan jasa. Misalnya berupa pelaksanaan pelatihan secara online bagi karyawan, penjualan produk ke pekerja yang akhirnya dapat dilakukan pemangkasan biaya operasional organisasi.

5. apa yang dimaksud dengan C2C (Consumer to Consumer), bagaimana modelnya dan contohkan ?
jawab :
Consumer to consumer commerce (C2C) merupakan salah satu model e-commerce dalam hal ini konsumen menjual secara langsung pada konsumen yang lain, atau dapat dapat juga dikatakatan sebagai transaksi jual-beli antar konsumen. Aktivias C2C dapat dilakukan dengan berbagai cara melalui internet. Auksi merupakan salah satu contoh aktivitas C2C yng paling dikenal. Jutaan orang melakukan transaksi pembelian dan penjualan pada eBay dan ratusan web site lelang. Aktivitas C2C lainnya adalah iklan klasifikasian, jasa personal, pertukaran, penjualan propertis virtual dan jasa pendukung.
contohnya adalah 
Penggunaan C2C dapat dilihat dari maraknya penjual-penjual secara online baik pada forum seperti kaskus ataupun blog. Jika dilihat dari sisi Indonesia, GRATIS merupakan hal utama bagi para penjual-penjual baru. Daripada membuat sebuah website yang mahal, lebih baik dengan web gratisan.Ada banyak cara membuka bisnis online tanpa harus mengeluarkan satu rupiah pun dan tidak jarang justru toko online yang seperti ini lah yang terkadang justru lebih dikenal publik. Membuka bisnis online tanpa biaya bisa dengan menggunakan platform gratis yang sudah tersedia.

2 komentar:

Posting Komentar